Tempat Diving di Bali Tanpa Sertifikat Penyelam

Tempat Diving di Bali Tanpa Sertifikat Penyelam

Menikmati indahnya bawah laut saat ini tidak perlu menunjukkan sertifikat penyelam. Ada beberapa tempat diving di Bali yang menawarkan fasilitas menyelam bagi wisatawan.

Menelusuri berbagai sudut lokasi wisata di Bali tidak akan ada habisnya. Tidak hanya di darat, beberapa lokasi wisata yang menawarkan keindahan bagi para wisatawan juga ada di bawah laut. Keindahan alam bawah laut Bali menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Pengelola wisata di Bali menyediakan tempat diving di Bali yang aman untuk para wisatawan. Lokasi diving ini tidak hanya ditujukan untuk penyelam profesional, tetapi juga penyelam amatir yang tidak memiliki sertifikat menyelam.

Lokasi dan Daya Tarik Tempat Diving di Bali untuk Wisatawan

Menyelam merupakan aktivitas bawah laut yang biasanya dilakukan secara profesional. Di Bali, wisatawan tidak perlu memiliki kemampuan menyelam yang luar biasa agar dapat menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Terdapat beberapa lokasi diving terbaik di Bali yang patut dikunjungi selama liburan. Berikut daftar tempat diving di Bali yang akan membuat wisatawan terkagum-kagum.

1. Pulau Menjangan

Apabila wisatawan ingin melihat secara langsung bagaimana keindahan terumbu karang di dasar laut, wisatawan bisa memilih Pulau Menjangan sebagai destinasi diving. Pulau Menjangan termasuk kawasan Taman Nasional Bali Barat. Di Taman Nasional Bali Barat, tidak hanya ada berbagai macam terumbu karang, tetapi juga beragam ikan hias yang mengelilinginya. Saat menyelam di Pulau Menjangan, wisatawan harus berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang dan mengganggu ikan hias di sekitarnya.

2. Pantai Tulamben

Daya tarik dari Pantai Tulamben adalah adanya bangkai kapal Usat Liberty yang karam pada tahun 1942. Keindahan pemandangan bawah laut di Pantai Tulamben dipopulerkan oleh fotografer Amerika yang melakukan hunting foto bawah laut. Foto-foto hasil bidikannya membuat orang semakin tertarik dengan keindahan pemandangan bawah laut Pantai Tulamben.

Sejak itu, Pantai Tulamben tidak hanya berfungsi sebagai tempat diving di Bali, tetapi juga sebagai titik lokasi foto yang menarik dan unik. Apabila wisatawan tertarik melihat bagaimana keindahan dasar laut Pantai Tulamben, wisatawan bisa pergi menuju Karangasem, Bali Timur.

3. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan tempat wisata bahari favorit wisatawan. Menyelam di Tanjung Benoa memiliki rasa yang berbeda dibandingkan menyelam di tempat lain. Wisatawan tidak perlu menggunakan pakaian penyelam dan membawa tabung oksigen. Wisatawan akan dibekali dengan helm yang telah terhubung dengan pipa oksigen. Selanjutnya guide akan mengarahkan wisatawan untuk berjalan di dasar laut. Wisatawan akan turun ke bawah laut sampai kedalaman 7 meter. Atraksi ini disebut dengan seawalker dan menjadi daya tarik dari salah satu tempat diving di Bali.

Menuju lokasi Tanjung Benoa tidaklah susah. Tempatnya juga tidak terlalu tersembunyi sehingga terlihat jelas dari pinggir jalan. Ada banyak rute yang bisa dipilih untuk menuju Tanjung Benoa. Dari bandara Ngurah Rai, wisatawan perlu menempuh waktu 15 menit.

4. Pantai Sanur

Titik lokasi penyelaman di Bali lainnya berada di Pantai Sanur. Keindahan terumbu karang menjadi pemandangan yang mempesona dan tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan Bali. Cara menyelam yang dilakukan di Pantai Sanur, sama seperti yang dilakukan di Tanjung Benoa. Wisatawan akan dilengkapi dengan helm kaca yang terhubung dengan pipa oksigen lalu turun ke bawah laut.

Namun, fasilitas menyelam di Pantai Sanur tidak selengkap Tanjung Benoa. Wisatawan juga perlu tahu waktu-waktu kapan ombak Pantai Sanur besar. Ketika ombak besar, penglihatan di bawah laut akan berkurang dan membahayakan wisatawan. Jika hal ini tidak mengganggu, wisatawan bisa pergi ke Pantai Sanur menggunakan motor dari rental mobil Bali.

5. Pantai Amed

Di daerah Karangasem, terdapat pantai yang menjadi tempat diving di Bali. Pesona keindahan bawah laut Pantai Amed tidak kalah dengan pantai-pantai lain. Menyelam di Pantai Amed tidak perlu sertifikat menyelam, bahkan bagi wisatawan yang baru pertama kali menyelam akan dilatih secara singkat oleh guide. Di bawah laut, wisatawan akan melihat berbagai terumbu karang yang tumbuh dan ikan hias yang hidup di sekitarnya. Di dasar laut juga akan ditemukan bangkai kapal Jepang yang karam saat perang dunia 2.

6. Pemuteran

Tempat diving di Bali lainnya yang wajib dicatat adalah Pemuteran. Titik lokasi penyelaman Pemuteran berada di area Bali Utara. Air laut Pemuteran sangat jernih sehingga wisatawan bisa melihat dengan jelas dasar laut. Di Pemuteran banyak ditemukan terumbu karang dan ikan hias seperti lion fish. Terkadang, wisatawan juga akan menemui lobster di dasar laut. Lokasi Pemuteran berada 40 km dari Pantai Lovina atau memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

7. Pantai Labuhan Amuk

Air laut jernih, terumbu karang yang masih terawat, dan ikan yang banyak menjadi daya tarik wisatawan saat ingin menyelam. Selain itu, lalu lintas laut di Pantai Labuhan Amuk tidaklah ramai sehingga aman digunakan sebagai tempat menyelam. Wisatawan bisa menyelam atau berjalan di dasar laut untuk menikmati keindahan di bawah laut Pantai Labuhan Amuk. Apabila wisatawan baru pertama kali melakukan aktivitas menyelam, jangan takut karena akan ada penyelam profesional yang akan menemani.

Untuk menuju ke tempat diving di Bali ini, wisatawan yang berada di Denpasar hanya perlu mengarah ke timur sejauh 65 km. Meskipun perjalanannya jauh, lelah selama perjalanan akan terbayar setelah sampai ke lokasi dan mata akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan bawah laut Pantai Labuhan Amuk.

Menyelam dan menikmati keindahan laut akan sangat menyenangkan dan menjadi momen yang tidak terlupakan. Dengan mengunjung tempat diving di Bali, segala lelah dan jenuh akan habis.